TEKNOLOGI 

Samsung Patenkan Ponsel Layar Depan-Belakang yang ‘Beda’

Beritaterkini99– Paten terbaru Samsung yang diungkap situs teknologi LetsGoDigital memperlihatkan, perusahaan asal Korea Selatan tersebut kemungkinan sedang membuat ponsel dengan layar di depan dan belakang yang “beda” karena menyertakan faktor “membalut”.

Samsung Patenkan Ponsel Layar Depan Belakang
Foto: LetsGoDigital

Pada paten yang diberi judul ‘Electronic Device Having Plurality of Display and Method for Controlling Same’ ini, Samsung menjelaskan sebuah perangkat dengan layar yang bisa dilihat dari kedua sisi.

Kemungkinan, fungsi layar ini untuk memudahkan ketika kita akan selfie atau memotret teman yang berada di arah berlawanan dari kamera.

“Layar pada perangkat dikonfigurasikan untuk menampilkan permukaan pertama untuk arah pertama, permukaan kedua untuk arah kedua yang berlawanan arah kedua berlawanan dengan arah pertama, dan permukaan ketiga yang memperlihatkan setidaknya ada sebagian ruang yang terbentuk di antara permukaan pertama dan permukaan kedua,” demikian penjelasan Samsung dalam patennya, seperti dikutip dari TechRadar, Selasa (30/4/2019).

Samsung Patenkan Ponsel Layar Depan Belakang
Foto: LetsGoDigital

Mengambil contoh dari layar lengkung (curve display) Samsung yang sudah populer saat ini, kira-kira layar di paten ini “membalut” keseluruhan body ponsel.

Jika curve display berhenti di sisi kiri dan kanan, layar di paten terbaru tidak akan terputus sehingga seperti membalut keseluruhan ponsel.

Pada paten yang diajukan Samsung tersebut disertakan pula gambar sketsa mengenai perkiraan wujud layar tersebut.

Samsung Patenkan Ponsel Layar Depan Belakang
Foto: LetsGoDigital

Ide ini memang bukan hal baru. Ponsel lipat Huawei Mate X menawarkan fungsi serupa untuk selfie dan pengambilan foto. Sementara ponsel lipat milik Samsung sendiri, Galaxy Fold, menggunakan layar luar sekunder yang juga memungkinkan teman melihat diri mereka sendiri saat foto mereka diambil.

Samsung Patenkan Ponsel Layar Depan Belakang
Foto: LetsGoDigital

Sejauh ini, belum diketahui apakah desain ponsel seperti yang tertera di paten yang diajukan tersebut akan terwujud atau tidak. Namun Samsung diyakini akan membuat terobosoan dalam urusan layar di seri ponsel lipatnya.

Related posts