SEPAKBOLA 

Pengalaman di Liga Champions Musim Lalu Bikin Liverpool Jadi Lebih Kuat

Beritaterkini99 – Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp mengatakan bahwa torehan apik timnya sejauh ini juga terbantu oleh pengalaman mereka ketika melangkah sampai final Liga Champions musim 2017/18 lalu. Klopp mendulang banyak pelajaran berharga dari laju tersebut.

Pada akhirnya Liverpool memang gagal menjadi juara, takluk dari Real Madrid di partai final. Namun, torehan The Reds tetap patut diapresiasi, mengingat Liga Champions adalah kompetisi yang istimewa.

Kini, Liverpool berhasil merebut posisi puncak klasemen sementara Premier League dengan 45 poin dari 17 pertandingan, unggul satu poin dari Manchester City di posisi kedua. Liverpool juga belum pernah merasakan kekalahan.

Klopp menilai torehan positif musim ini tersebut terbantu oleh pengalaman di Liga Champions musim lalu. Baca penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1 dari 2

Sangat Membantu

Menurut Klopp, laju Liverpol di Liga Champions musim lalu terasa seperti mimpi yang jadi nyata. Atmosfer yang menaungi Liverpool kala itu begitu hebat dan Klopp harus berusaha terbiasa mengatasi itu.

“Semua pengalaman dan laju menuju final Liga Champions banyak membantu kami,” buka Klopp kepada Liverpool Echo.

“Atmosfer pada pertandingan seperti itu luar biasa. Itu bukan liburan tetapi tentu saja itu sedikit menjauh dari tekanan di Premier League dan tak ada yang menduga kami untuk mencapai final, untuk mengalahkan Man City, dan banyak hal lainnya.”

“Akan tetapi kami berhasil melakukan itu dan itu sangat membantu kami,” sambung dia.

2 dari 2

Terbiasa

Terbiasa
Jurgen Klopp © AP Photo

Lebih lanjut, Klopp juga mulai terbiasa dengan jadwal padat Premier League. Liverpool harus memainkan tiga pertandingan sebelum memasuki tahun 2019 dan menurutnya hal itu sangatlah berat.

“Itu [jadwal padat] adalah sesuatu yang harus saya biasakan.”

“Tahun ini, bukan berarti kami punya jadwal terbaik, tetapi bermain pada 29 Desember dan 3 Januari adalah jadwal terbaik yang bisa anda dapatkan,” tandas dia.

 

Related posts