POLITIK 

KPU Minta Habib Rizieq Lapor soal Tudingan Ketua TPS Saudi Diimingi Uang

Beritaterkini99 – KPU meminta Habib Rizieq Syihab melaporkan tudingan soal sejumlah ketua TPS di Arab Saudi diiming-imingi uang agar mengondisikan kemenangan untuk Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Rizieq juga diminta melampirkan bukti-bukti soal tuduhannya itu.

“Laporkan saja kalau memang terbukti ada yang diiming-imingi. Laporkan saja,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2019).

“Kan sudah ada mekanismenya untuk dilaporkan,” imbuh Arief.

Tuduhan Habib Rizieq–yang saat ini masih berada di Arab Saudi–itu berawal dari adanya komunikasi yang diterimanya yang menyebutkan para ketua TPS itu dihubungi elite partai politik (parpol) pengusung Jokowi-Ma’ruf untuk memenangkan capres-cawapres nomor urut 01 tersebut. KPU sebelumnya telah memberi saran bagi masing-masing timses capres-cawapres mengirimkan saksi ke TPS di Arab Saudi untuk memastikan tuduhan imam besar FPI itu.

“Terkait dengan peserta pemilu, salah satu bentuk partisipasinya adalah mengirimkan saksinya di setiap TPS. Dengan seperti itu maka isu pemilu yang tidak jujur, tidak transparan itu bisa kita kawal bersama-sama,” kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan pada Senin kemarin.

Rizieq sebelumnya menyebut para ketua TPS di Saudi diiming-imingi uang untuk mencoblos kertas suara pada Jokowi-Ma’ruf. Para ketua TPS itu disebut Rizieq mendapatkan tawaran uang hingga fasilitas tertentu.

“Bahkan belakangan ini kita juga mendapatkan informasi yang sangat-sangat memprihatinkan, di mana ada beberapa ketua TPS di kota-kota kecil di Saudi Arabia, seperti di Qasim, kemudian juga di Abha, Jizan, dan lain sebagainya, di mana di antara mereka ada yang ditelepon oleh beberapa pimpinan dari partai pengusung Jokowi. Mereka ditawarkan sejumlah uang, sejumlah fasilitas, dengan syarat kalau mereka mau melakukan apa yang mereka minta, yaitu seluruh kertas suara yang diperuntukkan bagi WNI yang ada di kota-kota kecil di Saudi Arabia semua ditusuk, dicoblos hanya untuk Jokowi,” ujar Rizieq dalam video yang ditayangkan Front TV, seperti dilihat Beritaterkini99.com, Senin (1/4).

Related posts