EKONOMI 

Jadi Calon Ibu Kota Baru, Sulawesi Barat Siapkan Kota ‘Kosong’

Beritaterkini99 – Provinsi Sulawesi Barat menjadi salah satu kandidat untuk ibu kota baru Indonesia. Dengan 6 kabupaten, Sulbar hanya memiliki 1,5 juga penduduk.

“Sulbar memang daerah kosong dari kepadatan penduduk. Hanya 1,5 juta untuk 6 kabupaten,” ujar Sekretaris Daerah Sulawesi Barat Muhammad Idris dalam diskusi pemindahan ibu kota di Istana Negara, Senin (6/5/2019).

Selain itu, Sulbar juga telah menyiapkan lahan seluas 50.000 hektare yang ‘gratis’ dan masih bisa dikembangkan. Oleh karena itu, pemerintah tak perlu lagi melakukan pembebasan lahan dan akan menekan biaya pembangunan.

“Sulbar lokasi sudah ada, gratis juga. Dan juga pembangunannya tidak akan merusak daerah yang lain,” kata Gubernur Provinsi Sulbar Ali Baal Masdar.

Kriteria yang sudah dimiliki Sulbar di antaranya adalah memiliki aspek keamanan negara, karena tidak berbatasan dengan negara mana pun. Memiliki sumber energi terbaru. Jauh dari bencana alam. Lalu dekat dengan kota existing sehingga aksesnya mudah.

Untuk itu, kedua petinggi Sulbar tersebut mengenalkan Kabupaten Mamuju sebagai calon ibu kota baru. Mamuju dinilai menjadi kandidat terbaik karena hampir memenuhi kriteria ibu kota baru.

“Memindahkan ‘Jakarta’ ke mamuju itu sudah sangat layak. Mamuju adalah representasi dari kawasan timur Indonesia,” tambah Idris.

Related posts