POLITIK 

Cek Situng KPU, Komite I DPD: Tuduhan Curang Zero Persen

Beritaterkini99 – Komite I DPD RI mendatangi kantor KPU RI. Kedatangan tersebut untuk mengecek server dan sistim informasi penghitungan (Situng) KPU.

“Dari beberapa catatan komite I hasil pengawasan ke-34 daerah bulan lalu, kami ambil keputusan untuk datang bertemu dengan jajaran komisioner KPU, juga Bawaslu terkait persoalan menonjol dan cukup ramai di media masalah situng,” ujar Ketua Komite I DPD RI, Benny Ramdhani di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (8/9/2019).

Benny ke KPU bersama Wakil Ketua Komite I DPD Yacob Esau Komigi, anggota Komite I DPD Eni Sumarni, Muhammad Idris dan Syafrudin Atasoge. Mereka disambut oleh Ketua KPU Arief Budiman dan Ketua Bawaslu Abhan. Mereka sempat melakukan pertemuan secara tertutup dan memantau ke ruang server KPU.

Benny mengatakan berdasarkan hasil pemantauannya ditemukan beberapa hal, termasuk proses kerja situng. Menurutnya, tuduhan terkait situng yang digunakan untuk kepentingan beberapa pihak tidak benar.

“Kalau ada tuduhan selama ini disiapkan dan didesain untuk kepentingan pihak tertentu, kami berani mengatakan zero (0) persen dari tuduhan itu,” tuturnya.

Sebab, katanya, data dalam situng merupakan data yang sesungguhnya. Yaitu, data formulir C1 yang diterima dari KPPS.

“Kenapa? hari ini kami bisa memastikan selain secara teoritik maupun akademik, situng ini secara disclaimer, data entri yang ditampilkan pada menu situng suara adalah data apa adanya,” kata Benny

“Sesuai dengan angka yang tertulis pada salinan form C1 yang diterima kabupaten/kota dari KPPS,” sambungnya.

Terkait kesalahan input data, menurutnya, dapat diperbaiki dengan koreksi secara berjenjang. Dia juga mengatakan situng juga telah dilakukan oleh KPU pada pemilu sebelumnya.

“Kalau ada perbedaan data entri dan salinan C1 di situng maka akan dilakukan koreksi data, sesuai yang tertulis di salinan C1. Situng ini bukan cuma 2019 sebelumnya di pemilu sebelumnya sudah dilakukan,” tuturnya.

Related posts