TEKNOLOGI 

Apple Amankan Paten Sensor Sidik Jari Unik

Beritatrekini99 – Apple akhirnya berhasil mengamankan teknologi sensor sidik jari dalam paten terbarunya yang didapatkannya.

Paten yang dideskripsikan sebagai “Methods of biometric imaging of input surfaces” ini, menjelaskan sistem pencitraan akustik yang digunakan untuk memetakan gambar beresolusi tinggi pada sebuah permukaan, seperti sidik jari.

Seperti dikutip dari GSM Arena, Kamis (2/5/2019), dalam sistem ini, transduser akustik dapat mengubah sinyal listrik menjadi energi mekanik atau sebaliknya.

Gelombang mekaniknya adalah jari yang ditempatkan pada display, yang akan diubah ke dalam sinyal elektrik. Sinyal ini akan dikonstruksi menjadi gambar pola sensor sidik jari yang digunakan untuk otentikasi perangkat.

Apple Amankan Paten Sidik Jari di Dalam Layar
Foto: Patently Apple

Uniknya, paten ini bahkan mendeskripsikan bahwa teknologi tersebut tak hanya bisa diterapkan untuk sensor sidik jari, tetapi juga untuk telapak tangan, kuping, wajah bahkan organ penting seperti jantung.

Namun Apple sepertinya belum akan mengimplementasikan sensor sidik jari dalam layar ini di iPhone terbarunya. Untuk diketahui, paten ini sudah diajukan sejak 2016, waktu di mana iPhone 7 dan iPhone 7 Plus diumumkan. Hingga sekarang, belum terlihat niatan Apple untuk membenamkan fitur ini di perangkat terbarunya.

Related posts