POLITIK 

Cuaca Buruk, JK Batal Tinjau Lokasi Terdampak Tsunami Selat Sunda

Beritaterkini99 – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sedianya dijadwalkan meninjau lokasi bencana tsunami di Anyer dan sekitarnya dengan helikopter dari Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Namun, rencana tersebut batal karena cuaca yang tidak mendukung.

“Batal karena cuaca buruk. Heli tidak bisa mendarat karena hujan dan angin tidak mendukung,” kata Juru Bicara Wapres, Husain Abdullah, kepada Beritatrekini99, Minggu (23/12/2018).

Sebelum Wapres sempat pergi, terlebih dahulu Panglima TNI terbang ke lokasi. Panglima TNI kemudian menginfokan kepada JK agar menunda kunjungannya.

“Panglima TNI yang terlebih dahulu ke lokasi, menginfokan, sebaiknya Wapres tunda peninjauan ke lokasi,” tutur Husain.

JK memastikan tim gabungan telah bergerak untuk mengatasi apa yang terjadi di lapangan. Meski begitu JK mengimbau warga untuk sementara menjauhi kawasan pantai.

“Apa yang terjadi, juga saya bisa dengan Kepala BMKG, ini suatu kasus yang tidak biasa, bahwa ada tsunami tanpa gempa. Gejalanya ada kemungkinan dari perubahan, letusan di Gunung Anak Krakatau. Kita harus tetap hati-hati, dari Pemda TNI-Polri sudah bergerak mengatasi,” tutur JK.

Tsunami di Selat Sunda yakni di kawasan Pandeglang, Serang, dan Lampung, menewaskan sebanyak 168 orang. Tak hanya itu, sebanyak 745 orang lainnya mengalami luka-luka mulai dari luka ringan hingga parah.

Related posts