POLITIK 

Singgung Ulama Kena Kasus Hukum, Jokowi: Saya Bicara Hal Umum

Beritaterkini99 – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berbicara soal kriminalisasi ulama dan memberi contoh ada ulama yang melakukan kekerasan. Jokowi menegaskan tidak menyinggung seseorang, termasuk Habib Bahar bin Smith yang ditahan Polda Jabar pada kasus penganiayaan terhadap dua remaja.

“Nggak-nggak. Kita bicara masalah umum ya,” kata Jokowi kepada wartawan di Kantor Bupati Bangkalan, Jawa Timur, Rabu (19/12/2018).

Kasus dugaan penganiayaan oleh Habib Bahar dan rekan-rekannya terjadi pada Sabtu (1/12). Peristiwa terjadi di Pesantren Tajul Alawiyyin di Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyayangkan penahanan Habib Bahar. Ia menyebutnya sebagai kriminalisasi ulama.

Jokowi menjawab tuduhan terkait kriminalisasi ulama. Menurut Jokowi, setiap orang adalah sama di mata hukum (equality before the law). Begitu juga jika ada ulama yang tersangkut kasus hukum.

“Bicara semua sama di mata hukum, di negara ini, siapa pun, kalau ada kasus hukum ya diselesaikan di wilayah hukum, jangan nanti disampaikan jelas ada kasus nanti penyampaiannya ada kriminalisasi, bukan gitu kan. Wilayah hukum diselesaikan di hukum saja. Gitu,” jelas Jokowi.

Related posts