TEKNOLOGI 

China Minta Amerika Cepat Lepaskan Bos Huawei

Beritaterkini99 – China tak terima otoritas Kanada menangkap eksekutif senior Huawei, Meng Whanzou, atas permintaan Amerika Serikat. Penahanan itu disebut sebagai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

“China meminta agar Amerika Serikat dan Kanada segera mengklarifikasi alasan penahanan Meng dan melepaskan dia,” kata Geng Shuang, juru bicara Kementerian Luar Negeri China.

Dikutip Beritaterkini99 dari Global Times, pakar mengatakan bahwa penangkapan Meng merupakan langkah AS untuk memanaskan perang dagang mereka dengan China.

Wanzhou, yang adalah putri pendiri Huawei Ren Zhengfei, ditangkap di Vancouver pada Sabtu lalu dan terancam diekstradisi ke AS. Ia dibekuk atas permintaan AS atas dugaan pelanggaran embargo Iran yang dilakukan oleh Huawei.

Kedutaan Besar China di Kanada menyatakan bahwa mereka dengan tegas melawan dan memprotes keras aksi yang mereka katakan sebagai pembatasan serius hak warga China.

“Pihak China meminta mereka segera memperbaiki kesalahan dan memulihkan kemerdekaan pribadi Meng Wanzhou,” demikian pernyataan Kedubes China di Kanada.

Huawei telah diincar dalam tahun-tahun belakangan oleh Amerika Serikat. Dari tuduhan pelanggaran paten sampai dicurigai memata-matai.

Related posts