Fashion 

4 Makanan Penyebab Bisul dan Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Obat

Beritaterkini99- Bisul adalah penyakit kulit yang menyerupai benjolan merah awalnya. Saat bisul muncul, kulit bisa gatal, bisa juga tidak. Tapi jika sudah matang, bisul dapat menyakitkan dan gatal. Bisul sering muncul di badan atau punggung, leher, ketiak, pantat, atau selangkangan.

Tapi bisul juga dapat muncul di bagian tubuh mana saja, terutama di daerah kulit berambut yang rentan berkeringat atau mengalami gesekan. Penyebab bisul adalah bakteri Staphylococcus aureus yang hidup di kulit, di dalam hidung, dan tenggorokan. Meskipun nampak sepele, bisul dapat menyebabkan sensasi rasa sakit yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga harus segera diobati.

Kebersihan yang buruk, kekurangan nutrisi, penyakit sistem ketahanan spesifik, diabetes melitus, dan tergores area kulit menyebabkan bisul akan pecah. Untuk mengobati bisul secara cepat dan praktis, kamu dapat mencoba pengobatan herbal alami dengan bahan-bahan ramuan di sekitar yang mudah didapat.

Kulit merupakan bagian penting dari pertahanan kekebalan tubuh manusia terhadap benda asing dan kuman penyebab penyakit bisul. Namun, makanan juga sering dianggap salah satu penyebab bisul. Berikut Beritaterkini99.com  rangkum dari berbagai sumber makanan penyebab bisul, Selasa (5/3/2019).

2 dari 3 halaman

Makanan penyebab bisul

Bisul adalah kondisi kelainan kulit abses tidak diinginkan yang terjadi secara alami. Biasanya bisul muncul pada orang atau anak-anak yang kekurangan gizi atau tidak terlalu bersih dan sehat, rentan terhadap penyakit kulit. Namun ada juga yang beranggapan makanan penyebab bisul. Ini 4 makanan yang dianggap penyebab bisul.

1. Telur

“Awas, kebanyakan makan telur bikin bisulan…”

Para orangtua sejak dahulu kerap menyebut telur sebagai salah satu makanan penyebab bisul. Bahkan secara turun-temurun, hal ini masih dipercayai sampai saat ini. Padahal hal tersebut hanyalah mitos belaka.

Telur merupakan salah satu makanan sehat yang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Satu butir telur mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng.

2. Gula

Gula memiliki indeks glikemik yang sangat tinggi. Ini artinya bisa membuat gula darah tubuh melonjak naik dan membuat kerja insulin tubuh semakin berat. Karena insulin semakin bekerja keras, maka bisa memicu hormon yang menghasilkan kelenjar minyak lebih banyak.

3. Makanan berlemak

Asupan lemak jenuh dan minyak nabati olahan, seperti minyak kedelai dan jagung, bisa meningkatkan produksi hormon pertumbuhan mirip insulin yang menyebabkan folikel kulit rentan terinfeksi bakteri dari luar.

Minyak goreng yang dipakai dan sering dikonsumsi lewat restoran cepat saji, bisa memicu munculnya jerawat kistik ataupun masalah kulit yang serupa dengan bisul. Namun bila kamu memilih lemak baik, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 yang banyak terdapat pada ikan laut, lemak ini justru dapat membantu mencegah terbentuknya jerawat.

4. Susu

Bisul adalah jenis infeksi kulit, biasanya memang bisa terjadi pada anak yang punya bakat alergi terutama protein dan susu bisa jadi salah satunya. Mungkin juga disebabkan karena kebersihan yang kurang terjaga. Cobalah imbangi asupan susu dengan sayur dan buah sehingga antioksidan di tubuh anak tinggi jadi protein tidak mudah menyebabkan gangguan pada anak terutama yang punya bakat alergi.

3 dari 3 halaman

Obat bisul alami

1. Lidah Buaya

Banyak dari Anda yang tidak mengetahui kalau lidah buaya tidak hanya untuk perawatan rambut saja. Ternyata khasiat lidah buaya mampu menyembuhkan penyakit bisul, caranya cukup mudah. Ambil beberapa batang lidah buaya yang sudah tua kemudian kupas daging lidah buaya, oleskan secara merata pada bagian bisul Anda kemudian tutup menggunakan kain halus seperti kain kasa terus lakukan secara rutin agar hasil maksimal.

2. Mentimun dan Biji Pala

Kedua bahan alami ini tentunya sudah sering sekali kita dengar, tetapi bukan sebagai obat melainkan sebagai lalapan dan bumbu masakan. Tetapi siapa yang sangka mentimun dan biji pala mampu mengobati penyakit bisul.

Tumbuk halus mentimun dan biji pala, setelah halus bungkus menggunakan daun pisang. Selanjutnya panggang tumbukan halus mentimun dan biji pala tadi sampai terasa hangat. Oleskan ke bagian kulit yang mengalami bisul dan diamkan sampai kering.

3. Kangkung

Siapa yang tak mengenal kangkung, orang-orang biasanya menganggap sayuran ini sebagai bahan makanan yang bisa menyebabkan kantuk. Namun, ternyata sayuran yang mudah tumbuh di Indonesia ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya sebagai obat alami penyakit kulit seperti bisul. Cara membuatnya pun mudah.

Ambil 20 lembar daun kangkung lalu cuci bersih. Setelah itu tumbuk daun kangkung hingga halus dan campurkan dengan air garam. Ratakan campuran kangkung dengan garam tadi. Lalu bubuhkan di atas bisul dan perban supaya tidak bercecer. Tunggu sampai beberapa waktu kemudian bersihkan dengan air bersih. Gunakan ramuan ini dua kali sehari sampai bisul sembuh.

Related posts